RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX/I
Alokasi waktu : 2 × 40 menit
A. Standar Kompetensi
Melalukan pengelolahan dan penyajian data.
B. Kompetensi Dasar
Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penapsirannya
C. Indikator
- Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat data dengan turus/tally.
- Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, data terbesar, serta jangkauan data.
- Menentukan rata-rata dan modus data tunggal serta penapsirannya.
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi kelompok siswa dapat:
- Menentukan sampel dan populasi dari suatu penelitian.
- Menentukan mean, median, dan modus dari suatu data tunggal.
- Menentukan jangkauan, kuartil, dan simpangan kuartil dari suatu data.
Karakter yang ingin dicapai:
- Disiplin
- Kreatif
- Tekun
E. Materi Ajar
· Pengertian Datum dan Data
- Data adalah kumpulan keterangan dalam suatu penelitian yang dapat digunakan untuk dasar kajian.
- Datum adalah data tunggal dan data adalah kumpulan data tunggal (datum)
- Statistika adalah ilmu yang mempelajari cara-cara mengumpulkan, menyusun, mengelolah, menyajikan dan menganalisis data serta cara mengambil kesimpulan sehingga dapat diambil keputusan yang akurat.
- Populasi adalah sebgian dari populasi yang diambil untuk dijadikan objek pengamatan langsung/penelitian dan dijadikan dasar dalam menarik kesimpulan.
· Penyajian Data Statistik
Ada dua cara penyajian data yaitu:
1. Daftar atau tabel
2. Grafik atau diagram
· Ukuran pemusatan data
1. Mean adalah nilai rata-rata dari semua data. Jika data tersebut terdiri dari n datum yaitu x1, x2, x3, ... , xn, maka mean dapat dirumuskan sebagai berikut:
2. Modus adalah datum yang paling sering muncul.
3. Median adalah nilai tengah dari suatu data yang telah diurut dari kecil ke besar atau sebaliknya.
Jika banyak datum yang diurutkan:
Ganjil maka:
Genap, maka:
· Jangkauan = Data terbesar – Data terkecil
· Kuartil adalah tiga ukuran yang membagi data yang sudah diurutkan besarnya menjadi empat bagian yang sama banyak. Ketiga ukuran tersebut adalah:
Cara menentukan nilai kuartil :
1. Urutkan data terlebih dahulu, datum yang terkecil sampai besar.
2. Tentukan median ( yang membagi data menjadi dua bagian yang sama.
3. ditentukan dengan membagi data kiri ( menjadi dua bagian yang sama.
4. ditentikan dengan membagi data kanan ( menjadi dua bagian yang sama.
· Jangkauan Interkuatil (
· Simpangan Kuartil (Jangkauan semi interkuartil) dinotasikan dengan
F. Metode Dan Model Pembelajaran
- Metode yang digunakan adalah penemuan terbimbing, tanya jawab dan pemberian tugas.
- Model pembelajaran yang dilaksanakan adalah kooperatif
G. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
| |
Aktivitas Siswa
|
Aktivitas Guru
| ||
Pendahuluan
|
· Siswa memberi tahu guru jika ada siswa lain yang tidak hadir
· Siswa mendengarkan dengan baik.
· Siswa mencermati tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
· Siswa mendengarkan dengan baik.
|
· Guru mengecek kehadiran siswa
· Pemberian Acuan
Guru menyempaikan materi yang akan dibahas dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran
· Motivasi
- Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan cara mengaitkan kegunaan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari/bidang ilmu lain.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
· Mengingat pengetahuan awal yang terkait dengan materi.
· Membentuk kelompok heterogen
· Masing-masing kelompok mendapat LKS.
· Siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya masing-masing
|
Eksplorasi
· Guru mengajak siswa mengingat kembali pengetahuan awal mereka tentang rata-rata pada suatu data.
· Guru mengarahkan siswa untuk membentuk beberapa kelompok hetrogen.
· Guru membagikan LKS kepada masing-masing kelompok.
· Guru mengarahkan siswa untuk mendiskusikan LKS
|
50 menit
|
· Mencermati bimbingan yang diberikan oleh guru dan menanyakan pada guru apabila ada hal yang kurang mengerti.
\
· Kelompok yang ditunjuk oleh guru mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
· Kelompok lain yang tidak bertugas untuk presentasi, menanggapi presentasi yang disajikan oleh penyaji.
· Siswa bertanya jika ada yang belum dimengerti.
|
Elaborasi
· Guru memantau aktivitas siswa dan membimbing setiap kelompok yang mengalami kesulitan dengan cara memberikan pertanyaan arahan sehingga siswa tersebut berhasil memecahkan masalah.
· Guru menunjuk salah satu kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi.
· Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi presentasi yang disajikan oleh penyaji.
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanyaa terkait materi yang telah dipresentasikan.
| ||
· Siswa meninjau ulang konsep-konsep dari materi yang telah dibahas
· Siswa memperhatikan penjelasan guru dan bertanya apabila ada hal yang belum dimengerti.
|
Konfirmasi
· Guru mengarahkan siswa meninjau ulang konsep-konsep dari materi yang telah dibahas.
· Guru membimbing siswa jika ada konsep yang keliru atau belum dapat dipahami oleh siswa.
| ||
Penutup
|
· Siswa bersama guru menyimpulkan materi.
· Mengerjakan kuis dengan tertib.
· Siswa mencatat tugas yang diberikan oleh guru.
|
· Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dibahas.
· Guru memberikan evaluasi dengan kuis untuk memperoleh gambaran mengenai pemahaman siswa.
· Guru memberikan tugas rumah secara individu yang akan dikumpul pada pertemuan berikutnya.
|
20 menit
|
Total
|
80 menit
|
H. Sumber dan Alat
· Sumber :
- Bahan Ajar Matematika SMP (LKS Rasio). Penerbit : Viva Pakarindo, Jawa Tengah.
- Buku referensi lain.
· Bahan : LKS
· Alat :
- Papan tulis
- Spidol atau kapur
I. PENILAIAN
1. Penilaian Proses
a. Afektif
Ø Dengan pengamatan langsung di kelas, guru mengamati aktivitas, antusias, dan kreatifitas siswa dalam melakukan diskusi.
Ø Dengan menilai keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan serta keaktifan dalam diskusi kelompok pada saat megerjakan LKS.
b. Kognitif
Ø Dengan menilai kemampuan siswa dalam menyampaikan idenya selama pembelajaran berlangsung.
Ø Menilai kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
Bentuk : Lembar Pengamatan.
Contoh lembar pengamatan:
No.
|
Nama Siswa
|
Keantusiasan
|
Keseriusan
|
Keaktifan
| |||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
| ||
Keterangan:
A Untuk siswa yang sangat antusias, serius, serta aktif dalam proses pembelajaran yang dilakukan di kelas.
B Untuk siswa yang antusias, serius, serta aktif dalam proses pembelajaran
yang dilakukan di kelas.
C Untuk siswa yang cukup antusias, serius, serta aktif dalam proses pembelajaran yang dilakukan di kelas.
D Untuk siswa yang kurang antusias, serius, serta aktif dalam proses pembelajaran yang dilakukan di kelas.
2. Penilaian Produk
a. Teknik : Latihan soal
b. Bentuk instrument : Esaay
c. Instrument : Tugas Individu
Instrumen:
1. Departemen kesehatan melakukan penelitian berat badan siswa SMP di Provinsi Bali. Tentukan Populasi dan Sempelnya!
2. Perolehan nilai 12 siswa adalah sebagai berikut: 54, 66, 72, 80, 72, 76, 72, 76, 72, 76, 64, 76. Buatlah table skor dengan turus. Berapa banyak siswa yang mendapat nilai 72?
3. Tentukan mean, median, dan modus dari data berikut: 7, 6, 4, 4, 6, 5, 8, 7, 6.
4. Tentukan median, jangkauan, kuartil bawah, kuartil tengah, kuartil atas, jangkauan interkuartil dan simpangan kuartil dari data berikut: 7, 6, 8, 5, 7, 9, 7, 7, 6.
Jawaban dan Rubrik Penilaian
No. Soal
|
Alternatif Jawaban Yang Diharapkan
|
Skor
| ||||||||||||||||||||||
1.
|
- Populasi : Seluruh SMP di Probinsi Bali
- Sampel : Beberapa siswa SMP di Provinsi Bali
|
12,5
12,5
| ||||||||||||||||||||||
2.
|
Banyaknya siswa yang mendapat nilai 72 adalah 4 orang.
|
12,5
12,5
| ||||||||||||||||||||||
3.
|
Data diurutkan : 4, 4, 5, 6, 6, 6, 7, 7, 8
Banyak Data ada 9 berati mediannya terletak pada urutan ke 5. Mediannya = 6
Modusnya adalah 6
|
7
6
6
6
| ||||||||||||||||||||||
4.
|
- Data diurutkan sebagai berikut: 5, 6, 6, 7, 7, 7, 7, 8, 9
- Banyak data ada 9 berarti median terletak pada urutan ke 5. Mediannya = 7.
- Jangkauan = 9 – 5 = 4
-
-
-
-
-
|
3
3
3
3
3
3
3
4
| ||||||||||||||||||||||
Skor Maksimum
|
100
|
0 komentar to “”