Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )

  • Digg
  • Del.icio.us
  • Reddit
  • RSS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan          : SMP
Mata Pelajaran                : Matematika
Kelas/Semester               : IX/I
Alokasi waktu                 : 2 × 40  menit

A.    Standar Kompetensi
Melalukan pengelolahan dan penyajian data.
B.     Kompetensi Dasar
Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penapsirannya
C.    Indikator
-          Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat data dengan turus/tally.
-          Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, data terbesar, serta jangkauan data.
-          Menentukan rata-rata dan modus data tunggal serta penapsirannya.
D.    Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi kelompok siswa dapat:
-          Menentukan sampel dan populasi dari suatu penelitian.
-          Menentukan mean, median, dan modus dari suatu data tunggal.
-          Menentukan jangkauan, kuartil, dan simpangan kuartil dari suatu data.
Karakter yang ingin dicapai:
-          Disiplin
-          Kreatif
-          Tekun
E.     Materi Ajar
·         Pengertian Datum dan Data
-          Data adalah kumpulan keterangan dalam suatu penelitian yang dapat digunakan untuk dasar kajian.
-          Datum adalah data tunggal dan data adalah kumpulan data tunggal (datum)


·         Pengertian Statistika, Populasi, dan Sampel
-          Statistika adalah ilmu yang mempelajari cara-cara mengumpulkan, menyusun, mengelolah, menyajikan dan menganalisis data serta cara mengambil kesimpulan sehingga dapat diambil keputusan yang akurat.
-          Populasi adalah sebgian dari populasi yang diambil untuk dijadikan objek pengamatan langsung/penelitian dan dijadikan dasar dalam menarik kesimpulan.
·         Penyajian Data Statistik
Ada dua cara penyajian data yaitu:
1.      Daftar atau tabel
2.      Grafik atau diagram
·         Ukuran pemusatan data
1.      Mean adalah nilai rata-rata dari semua data. Jika data tersebut terdiri dari   n   datum yaitu x1, x2, x3,   ...   , xn, maka mean dapat dirumuskan sebagai berikut:
 
2.      Modus adalah datum yang paling sering muncul.
3.      Median adalah nilai tengah dari suatu data yang telah diurut dari kecil ke besar atau sebaliknya.
Jika banyak datum yang diurutkan:
Ganjil maka: 
Genap, maka:
·         Jangkauan = Data terbesar – Data terkecil
·         Kuartil adalah tiga ukuran yang membagi data yang sudah diurutkan besarnya menjadi empat bagian yang sama banyak. Ketiga  ukuran tersebut adalah:
 
 
 
Cara menentukan nilai kuartil :
1.      Urutkan data terlebih dahulu, datum yang terkecil sampai besar.
2.      Tentukan median (  yang membagi data menjadi dua bagian yang sama.
3.       ditentukan dengan membagi data kiri (  menjadi dua bagian yang sama.
4.       ditentikan dengan membagi data kanan (  menjadi dua bagian yang sama.
·         Jangkauan Interkuatil (
·         Simpangan Kuartil (Jangkauan semi interkuartil) dinotasikan dengan

F.        Metode Dan Model Pembelajaran
-             Metode yang digunakan adalah penemuan terbimbing, tanya jawab dan pemberian tugas.
-             Model pembelajaran yang dilaksanakan adalah kooperatif
  
   G.       Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Aktivitas Siswa
Aktivitas Guru
 Pendahuluan

·         Siswa memberi tahu guru jika ada siswa lain yang tidak hadir
·   Siswa mendengarkan dengan baik.
·         Siswa mencermati tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.



·   Siswa mendengarkan dengan baik.

·         Guru mengecek kehadiran siswa


·         Pemberian Acuan
Guru menyempaikan materi yang akan dibahas dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran

·         Motivasi
-          Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan cara mengaitkan kegunaan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari/bidang ilmu lain.
10 menit









Kegiatan Inti


·        Mengingat pengetahuan awal yang terkait dengan materi.

·        Membentuk kelompok heterogen

·        Masing-masing kelompok mendapat LKS.
·        Siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya masing-masing
Eksplorasi
·        Guru mengajak siswa mengingat kembali pengetahuan awal mereka tentang rata-rata pada suatu data.
·        Guru mengarahkan siswa untuk membentuk beberapa kelompok hetrogen.
·        Guru membagikan LKS kepada masing-masing kelompok.
·        Guru mengarahkan siswa untuk mendiskusikan LKS








50 menit

·       Mencermati bimbingan yang diberikan oleh guru dan menanyakan pada guru apabila ada hal yang kurang mengerti.
\                      
·       Kelompok yang ditunjuk oleh guru mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.

·       Kelompok lain yang tidak bertugas untuk presentasi, menanggapi presentasi yang disajikan oleh penyaji.

·       Siswa bertanya jika ada yang belum dimengerti.


Elaborasi
·         Guru memantau aktivitas siswa dan membimbing setiap kelompok yang mengalami kesulitan dengan cara memberikan pertanyaan arahan sehingga siswa tersebut berhasil memecahkan masalah.
·         Guru menunjuk salah satu kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi.


·         Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi presentasi yang disajikan oleh penyaji.



·       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanyaa terkait materi yang telah dipresentasikan.

·         Siswa meninjau ulang konsep-konsep  dari materi yang telah dibahas
·           Siswa memperhatikan penjelasan guru dan bertanya apabila ada hal yang belum dimengerti.
Konfirmasi
·           Guru mengarahkan siswa meninjau ulang konsep-konsep dari materi yang telah dibahas.
·         Guru membimbing siswa jika ada konsep yang keliru atau belum dapat dipahami oleh siswa.
Penutup

·         Siswa bersama guru menyimpulkan materi.

·         Mengerjakan kuis dengan tertib.


·         Siswa mencatat tugas yang diberikan oleh guru.

·         Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dibahas.

·         Guru memberikan evaluasi dengan kuis untuk memperoleh gambaran mengenai pemahaman siswa.
·         Guru memberikan tugas rumah secara individu yang akan dikumpul pada pertemuan berikutnya.
20 menit
Total
80 menit
H.       Sumber dan Alat
·         Sumber :
-       Bahan Ajar Matematika SMP (LKS Rasio). Penerbit : Viva Pakarindo, Jawa Tengah.
-       Buku referensi lain.
·         Bahan      : LKS
·         Alat          :
-          Papan tulis
-          Spidol atau kapur
I.          PENILAIAN
1.       Penilaian Proses
a.      Afektif
Ø  Dengan pengamatan langsung di kelas, guru mengamati aktivitas, antusias, dan kreatifitas siswa dalam melakukan diskusi.
Ø   Dengan menilai keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan serta keaktifan dalam diskusi kelompok pada saat megerjakan LKS.
b.      Kognitif
Ø  Dengan menilai kemampuan siswa dalam menyampaikan idenya selama pembelajaran berlangsung.
Ø  Menilai kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
Bentuk : Lembar Pengamatan.
Contoh lembar pengamatan:
No.
Nama Siswa
Keantusiasan
Keseriusan
Keaktifan


A
B
C
D
A
B
C
D
A
B
C
D




























Keterangan:
A       Untuk siswa yang sangat antusias, serius, serta aktif dalam proses pembelajaran yang dilakukan di kelas.
B       Untuk siswa yang antusias, serius, serta aktif dalam proses pembelajaran
yang dilakukan di kelas.
C       Untuk siswa yang cukup antusias, serius, serta aktif dalam proses   pembelajaran   yang dilakukan di kelas.
D       Untuk siswa yang kurang antusias, serius, serta aktif dalam proses             pembelajaran yang dilakukan di kelas.
2.       Penilaian Produk
a.       Teknik                               : Latihan soal
b.      Bentuk instrument                        : Esaay
c.       Instrument                         : Tugas Individu
Instrumen:
1.        Departemen kesehatan melakukan penelitian berat badan siswa SMP di Provinsi Bali. Tentukan Populasi dan Sempelnya!
2.        Perolehan nilai 12 siswa adalah sebagai berikut: 54, 66, 72, 80, 72, 76, 72, 76, 72, 76, 64, 76. Buatlah table skor dengan turus. Berapa banyak siswa yang mendapat nilai 72?
3.        Tentukan mean, median, dan modus dari data berikut: 7, 6, 4, 4, 6, 5, 8, 7, 6.
4.        Tentukan median, jangkauan, kuartil bawah, kuartil tengah, kuartil atas, jangkauan interkuartil dan simpangan kuartil dari data berikut: 7, 6, 8, 5, 7, 9, 7, 7, 6.

Jawaban dan Rubrik Penilaian
No. Soal

Alternatif Jawaban Yang Diharapkan
Skor
1.

- Populasi : Seluruh SMP di Probinsi Bali
- Sampel   : Beberapa siswa SMP di Provinsi Bali
12,5
12,5

2.

NILAI
TURUS
FREKUENSI
54
I
1
64
I
1
66
I
1
72
IIII
4
78
IIII
4
80
I
1

Banyaknya siswa yang mendapat nilai 72 adalah 4 orang.
12,5






12,5
3.

 

 

Data diurutkan : 4, 4, 5, 6, 6, 6, 7, 7, 8
Banyak Data ada 9 berati mediannya terletak pada urutan ke 5. Mediannya = 6

Modusnya adalah 6
7


6
6

6
4.

-             Data diurutkan sebagai berikut: 5, 6, 6, 7, 7, 7, 7, 8, 9
-             Banyak data ada 9 berarti median terletak pada urutan ke 5. Mediannya = 7.
-             Jangkauan  = 9 – 5 = 4
-            
-            
-            
-            
-            

3


3

3
3
3

3

3

4

Skor Maksimum
100

0 komentar to “Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )

Posting Komentar