Rudolf Diesel 18 Maret 1858 - 29 September 1913 Mesin Diesel
Rudolf Christian Karl Diesel adalah sarjana mesin dari Jerman dan merupakan penemu dari Mesin Diesel.
Diesel
lahir di Paris, Perancis pada tahun 1858 dari orangtua yang
berkebangsaan Jerman dan berimigrasi ke Perancis. Sebagian masa kecil
Diesel dihabiskan di Perancis sampai meletusnya perang Franco-Prussian
di tahun 1870. Keluarganya terpaksa mengungsi pindah ke London, Inggris.
Dan menjelang perang berakhir, ibunya mengirim Rudolf Diesel yang masih
berusia 12 tahun untuk tinggal di Augsburg bersama paman dan bibinya
agar dapat berbicara dalam bahasa Jerman dan bersekolah di Royal County
Trade School, dimana pamannya menjadi mengajarkan matematika disana.
Pada
usia 14 tahun, Rudolf Diesel mengirimkan surat kepada orangtuanya yang
berisikan cita-citanya untuk menjadi seorang insinyur, dan setelah
menyelesaikan pendidikan dasar dan menjadi murid terbaik di kelasnya
pada tahun 1873, dia melanjutkan sekolahnya di School of Augsburg.
Selanjutnya pada tahun 1875, dia menerima beasiswa dari Royal Bavarian
Polytechnic di Munich, dimana saat itu Rudolf Diesel terpaksa menentang
keinginan orangtuanya yang kesulitan keuangan dan mengharapkan agar
Rudolf mulai bekerja untuk mencari penghasilan.
Sambil
kuliah, Rudolf Diesel bekerja di sebuah pabrik dan mendapatkan banyak
pengalaman dari tempatnya bekerja. Pada tahun 1880, Diesel lulus dari
universitasnya dan mendapatkan kehormatan sebagai murid dengan nilai
akademik terbaik.
Rudolf
Diesel mengadakan penelitian, bagaimana agar penggunaan bahan bakar
pada suatu mesin menjadi lebih efisien. Dia tahu bahwa mesin-mesin uap
yang ada pada jamannya, hanya memiliki tingkat efisiensi sebesar 10-15%.
Dia kemudian merancang sebuah mesin dengan bahan bakar yang
disemprotkan kedalam ruang kompresi dimana bahan bakar tersebut akan
terbakar akibat panas yang timbul akibat kompresi. Mesin inilah yang
kita kenal sekarang dengan Mesin Diesel. Impian Diesel untuk menciptakan
mesin dengan efisiensi tinggi menjadi tercapai, karena sumber bahan
bakar untuk mesin diesel yang dipakai sekarang dan kita kenal dengan
nama 'diesel' adalah minyak sisa dari hasil penyaringan bensin.
Setelah
kematian Rudolf Diesel, mesin diesel menjadi pengganti mesin uap. Mesin
Diesel adalah mesin yang berat dan memiliki bentuk yang lebih kaku dan
kokoh dari mesin bensin sehingga mesin diesel tidak digunakan untuk
mesin pesawat terbang, tetapi mesin diesel berkembang luas sehingga
banyak dipakai oleh pabrik, kapal laut, kapal selam, lokomotif dan mobil
modern. Mesin diesel mempunyai keuntungan karena lebih irit bahan bakar
daripada mesin dengan bahan bakar bensin. Rudolf Diesel khususnya
tertarik untuk menggunakan abu batu bara ataupun minyak sayur sebagai
bahan bakar, dan kenyataannya, mesin yang dirancangnya memang dapat
berjalan dengan menggunakan minyak sayur.
0 komentar to “Rudolf Diesel Penemu Mesin Diesel”