TANGGUNG JAWAB GURU
Guru adalah orang yang bertanggung jawab mencerdaskan
kehidupananak didik. Tidak ada seorang gurupun yang mengharapkan anak didiknya menjadi
sampah masyarakat. Untuk itulah guru dengan penuh dedikasi danloyalitas
berusaha membimbing dan membina anak didik agar di masamendatang menjadi orang
yang berguna bagi nusa dan bangsa.Cece Wijaya dalam bukunya “Kemampuan Dasar
Guru DalamProses Belajar Mengajar” disebutkan diantara tanggung jawab guru
adalah:a. Tanggung jawab moral, setiap guru harus memiliki kemampuanmengahayati
perilaku dan etika yang sesuai dengan moral pancasila danmengamalkannya dalam
kehidupan sehari-harib. Tanggung jawab dalam pendidikan di sekolah, yaitu
setiap guru harusmenguasai pembelajaran.c. Tanggung jawab guru dalambidang
kemasyarakatan yaitu turut sertamenyukseskan pembangunan dalam masyarakat.d.
Tanggung jawab guru dalam bidang keilmuan, yaitu mamajukan danmengembangkan
ilmu, terutama ilmu yang menjadi spesialisasinya
Tanggungjawab guru menurut Hamalik (2004: 127), yaitu
sebagai berikut:
1.
Guru
harus menuntut murid-murid belajar. Tanggungjawab guru yang terpenting adalah
merencanakan dan menuntut murid-murid melakukan kegiatan-kegiatan belajar guru
mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang diinginkan.
2.
Turut
serta membina kurikulum sekolah. Sesungguhnya guru merupakan seorang key person
yang paling mengetahui tentang kebutuhan kurikulum yang sesuai dengan tingkat
perkembangan murid.
3.
Melakukan
pembinaan terhadap diri siswa (kepribadian, watak dan jasmaniah). Memompakan
pengetahuan kepada murid kiranya bukan pekerjaan yang sulit. Tetapi membina
siswa agar menjadi manusia berwatak (berkarakter) sudah pasti bukan pekerjaan
yang mudah. Mengembangkan watak dan kepribadiannya, sehingga mereka memiliki
kebiasaan, sikap, cita-cita, berpikir dan berbuat, berani dan bertanggungjawab,
ramah dan mau bekerja sama, bertindak atas dasar nilai-nilai moral yang tinggi,
semuanya menjadi tanggungjawab guru.
4.
Memberikan
bimbingan kepada murid. Bimbingan kepada murid agar mereka mampu mengenal
dirinya sendiri, memecahkan masalahnya sendiri, mampu menghadapi kenyataan dan
memiliki stamina emosional yang baik, sangat diperlukan.
5.
Melakukan
diagnosis atas kesulitan-kesulitan belajar dan mengadakan penilaian atas
kemajuan belajar.
6.
Menyelenggarakan
penelitian. Sebagai seorang yang bergerak dalam bidang keilmuan (scientist)
bidang pendidikan maka ia harus senantiasa memperbaiki cara bekerjanya.
7.
Mengenal
masyarakat dan ikut serta aktif. Guru tidak mungkin melaksanakan pekerjaannya
secara efektif, jikalau guru tidak mengenal masyarakat seutuhnya dan secara
lengkap.
8.
Menghayati,
mengamalkan, dan mengamankan Pancasila. Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa
yang mendasari sendi-sendi hidup dan kehidupan nasional, baik individu maupun
masyarakat kecil sampai dengan kelompok sosial yang terbesar termasuk sekolah.
9.
Turut
serta membantu terciptanya kesatuan dan persatuan bangsa dan perdamaian dunia.
Guru bertanggungjawab untuk mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang baik.
Pengertian yang baik adalah antara lain memiliki rasa persatuan dan kesatuan
sebagai bangsa.
10. Turut menyukseskan pembangunanPembangunan
adalah cara yang paling tepat guna membawa masyarakat ke arah kesejahteraan dan
kemakmuran bangsa. Pembangunan itu meliputi pembangunan dalam bidang mental
spiritual dan bidang materiil.
Tanggungjawab meningkatkan peranan
profesional guru. Bertitik tolak dari tanggungjawab guru yang telah dikemukakan
di atas maka dengan demikian guru sangat perlu meningkatkan peranan dan
kemampuan profesionalnya. Tanpa adanya kecakapan yang maksimal yang dimiliki
oleh guru maka kiranya sulit bagi guru tersebut mengemban dan melaksanakan
tanggungjawabnya dengan cara yang sebaik-baiknya.
Wijaya dkk.
(1994:9), menyebutkan beberapa tanggungjawab yang memerlukan sejumlah kemampuan
yang lebih khusus dari seorang guru, yaitu:
1.
Tanggungjawab moral adalah setiap guru harus memiliki kemampuan menghayati
perilaku dan etika yang sesuai dengan moral Pancasila dan mengamalkannya dalam
kehidupan sehari-hari.
2.
Tanggungjawab dalam bidang pendidikan di sekolah adalah setiap guru harus
menguasai cara belajar-mengajar yang efektif, mampu membuat satuan pelajaran,
mampu dan memahami kurikulum dengan baik, mampu mengajar dikelas, mampu menjadi
model bagi siswa, mampu memberikan nasihat, menguasai teknik-teknik pemberian
bimbingan dan layanan, mampu membuat dan
melaksanakan evaluasi dan lain-lain.
3.
Tanggungjawab guru dalam bidang kemasyarakatan adalah turut serta
menyukseskan pembangunan dalam bidang kemasyarakatan, untuk itu guru harus
mampu membimbing, mengabdi kepada dan melayani masyarakat.
Tanggungjawab guru dalam bidang
keilmuan, yaitu guru selaku keilmuan bertanggungjawab dan turut serta memajukan
ilmu, terutama ilmu yang telah menjadi spesialisasinya dengan melaksanakan
penelitian dan pengembangan.
0 komentar to “TANGGUNG JAWAB GURU”