KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN :
Matematika
PROGRAM :
Umum
SATUAN PENDIDIKAN : SMP
KELAS / SEMESTER : IX / 1
dan II
NAMA GURU : ANA
SARI YANI, S.Pd
NIP / NIK :
196621071989032015
SEKOLAH :
SMP Negeri 34 Palembang
PROGRAM
TAHUNAN (PROTA)
MATEMATIKA
Sekolah : SMP Negeri 34 Palembang
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester : IX / 1
dan II
Tahun pelajaran : 2012 / 2013
Sem
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
1
|
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
1. Memahami
kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengiden tifikasi
bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
|
Ø Kesebangunan
|
|
|
1.2 Mengiden
tifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
|
Ø Kesebangunan
|
|
|
||
1.3 Mengguna kan konsep kesebangunan
segitiga dalam pemecahan masalah
|
Ø Kesebangunan
|
|
|
||
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola,
serta menentukan ukurannya
|
2.1
Mengiden tifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
|
Ø Tabung,
kerucut, dan bola
|
|
|
|
2.2
Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
|
Ø Tabung,
kerucut, dan bola
|
|
|
||
2.3 Memecah kan masalah yang berkaitan
dengan tabung, kerucut dan bola
|
Ø Tabung,
kerucut, dan bola
|
|
|
||
STATISTIKA DAN PELUANG
3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
|
3.1 Menentu kan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya
|
Ø Statistika
|
|
|
|
3.2.Menyajikan data dalam
bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran
|
Ø Statistika
|
|
|
||
STATISTIKA DAN PELUANG
4. Memahami peluang
kejadian sederhana
|
4.1
Menentu kan ruang
sampel suatu percobaan
|
Ø Peluang
|
|
|
|
4.2 Menentukan peluang suatu
kejadian sederhana
|
Ø Peluang
|
|
|
||
Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER 1
|
|
|
|||
2
|
BILANGAN
5. Memahami sifat-sifat bilangan
berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
sederhana
|
5.1 Mengiden
tifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Ø Bilangan
berpangkat dan Bentuk Akar
|
|
|
5.2 Melakukan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
|
Ø Bilangan
berpangkat dan Bentuk Akar
|
|
|
||
5.3 Memecah kan
masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Ø Bilangan
berpangkat dan Bentuk Akar
|
|
|
||
BILANGAN
6. Memahami barisan dan deret bilangan serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menentu
kan pola barisan bilangan sederhana.
|
Ø Barisan
dan Deret Aritmetika
Ø Barisan
dan Deret Geometri
|
|
|
|
6.2 Menentu kan
suku ke-n barisan aritmatika dan
barisan geometri
|
Ø Barisan
dan Deret Aritmetika
Ø Barisan
dan Deret Geometri
|
|
|
||
6.3 Menentu
kan jumlah n suku pertama deret
aritmatika dan deret geometri
|
Ø Barisan
dan Deret Aritmetika
Ø Barisan
dan Deret Geometri
|
|
|
||
6.4 Memecah kan masalah
yang berkaitan dengan barisan dan deret
|
Ø Barisan
dan Deret Aritmetika
Ø Barisan
dan Deret Geometri
|
|
|
||
Ulangan Harian
|
|
|
|||
Ulangan Mid Semester
|
|
|
|||
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER 2
|
|
|
Palembang, Juli 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kepala SMP
Negeri 34 Palembang.
Drs. Suhaini Muis, S,Si M,Pd Ana
Sari Yani, S,Pd
http://sumber-informasi-kita.blogspot.com/2012/06/perangkat-pembelajaran-matematika-smp.html
0 komentar to “PROGRAM TAHUNAN ”